Senin, 29 September 2014

2. SOAL LATIHAN IPS KELAS 8 SMT 2


1. Meskipun terjadi perbedaan pendapat, masalah kemerdekaan Indonesia sebenarnya antara golongan pemuda dan golongan tua memiliki persamaan tujuan yaitu...
a.Kemerdekaan Indonesia
b.Jepang segera angkat kaki dari indonesia
c.Menolak kedatangan di indonesia
d.Menghindarkan campur tangan asing terhadap kemerdekaan Indonesia

2. Perhatikan nama tokoh-tokoh di bawah ini!
1) Dr. Rajiman Wedyodiningrat
2) Mr. Achmad Suberjo
3) Dr. Moh. Hatta
4) Ir. Soekarno
5) Syahrir
tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam penyusunan teks proklamasi 17 Agustus 1945 ditunjukan pada nomor...
a. 1,2 dan3 b. 2 dan 5
c. 1,3 dan 4 d. 2,3 dan 4

3. Peranan Sayuti Melik dalam peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ...
a.Sebagai pengetik naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia yang otentik
b.Memimpin pengamanan saat perumusan teks proklamasi
c.Anggota perumus teks proklamasi
d.Sebagai ketua golongan pemuda yang membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok

4. Jasa Ibu Fatmawati dalam proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dilihat perannya dalam ...
a.menyediakan akomodasi dan konsumsi
b.menyiapkan tempat upacara
c.menyiapkan Bendera Merah Putih
d.memimpin peserta upacara

5. Tokoh-tokoh yang berjasa dalam penyebarluasan berita proklamasi kemerdekaan adalah...
a.Chaerul Saleh,Wikana, Syahrudin
b.S. Syahrir, A Subarjo, Bactiar Lubis
c.Sudiro, Yusuf Ronodipuro, Moctar Lubis
d.Yusuf Ronodipuro, Syahrudin, Bactiar Lubis

6.Proses sosial terjadi karena manusia pada hakikatnya merupakan ...
a.Homo duplek c. homo socius
b.Homo homini lupus d. homo sapiens

7.Mia seorang siswi SMP yang senantiasa mengikuti ceramah Aa Gym di televisi karena menyenangi isi ceramah dan figur seorang Aa Gym. Mia mengalami proses ...
a.Identifikasi c. imitasi
b.Sugesti d. simpati

8.Suatu proses yang dapat membantu individu melalui proses belajar dan penyesuaian diri agar dapat berperan dalam kelompoknya dinamakan proses ...
a. Adaptasi c. sosialisasi
b. Imitasi d. interaksi

9.Menurut Notonegoro, nilai dibagi atas tiga bagian, yaitu ...
a.Nilai abstrak, konkrit, dan nominal
b.Nilai kesusilaan, agama dan hukum
c.Nilai materi, vital dan kerohanian
d.Nilai material, spiritual, dan hukum

10.Sifat dasar yang dapat mempengaruhi proses sosialisasi adalah ....
a.Keadaan masyarakat pendukung kebudayaan
b.Kondidi fisik anak yang baru lahir
c.Seluruh potensi yang diwariskan ayah dan ibu
d.Tingkat ekonomi dan sosial ayah dan ibu

11.Pemeliharaan kesehatan dan kecantikan merupakan contoh-contoh pranata yang bertujuan memenuhi kebutuhan ...
a.jasmani c. ilmiah
b.pendidikan d. rohani

12.Fungsi ekonomi dari pranata keluarga antara lain ...
a.Memenuhi kebutuhan ekonomi
b.Mendidik disiplin anak
c.Melahirkan anak
d.Memberikan kehangatan dan kasih sayang

13.Fungsi keluarga yang berkaitan dengan mendapatkan kedudukan baru dalam masyarakat, yaitu ...
a.Pelestarian generasi
b.Perlindungan ekonomi
c.Pemberian status
d.Sosialisasi primer

14.Fungsi utama pendidikan di sekolah bagi kemandirian individu dalam melakukan kegiatan ...
a.Belajar mengajar sesuai kurikulum tertentu
b.Beljar dalam waktu dan tempat tertentu
c.Mengajar dengna metode dan media tertentu
d.Membentuk kepribadian individu
35.memberantas kebodohan adalah salah satu fungsi pendidikan menurut ...
a.Bruce J. Cohen c.Horton and Hunt
b.Bogardus d. Emile Durkheim

16.Seorang ibu menasehati anaknya untuk tidak terlibat tawuran pelajar maka terjadi pengendalian sosial ...
a.Individu terhadap kelompok
b.Kelompok terhadap kelompok
c.Kelompok terhadap individu
d.Individu terhadap individu

17.Seorang guru ketika mengawasi siswanya ujian sekolah terjadi suatu pengendalian sosial ...
a.Individu terhadap kelompok
b.Kelompok terhadap kelompok
c.Kelompok terhadap individu
d.Individu terhadap individu

18.Salah satu tugas polisi sebagai lembaga pengendalian sosial, yaitu ...
a.Membuat keputusan hukum
b.Menghakimi bagi orang-orang yang bersalah
c.Menghukum masyarakat yang bersalah
d.Membuat keputusan hukum

19.pengendalian sosial yang menekankan pembinaan kerohanian dapat tercapai melalui ...
a.Pendidikan agama c. Kurungan
b.Denda d. Pengorbanan

20.Pengendalian sosial dapat ditempuh melalui proses ...
a.Peringatan-teguran-hukuman
b.Hukuman-peringtan-teguran
c.Teguran-peringatan-hukuman
d.Peringatan-hukuman-teguran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar